20 Jul 2012

CONTOH NASKAH DRAMA PANGGUNG


NASKAH DRAMA SENI BUDAYA

Rea pulang dari sekolah dan mendekati Bejo, kambing kesayangannya
Rea        : “Bejo sayang… aku pulang”
Bejo       : “Embekkkk”
Rea        : “Bejo, kamu udah di kasih makan belum? Kalau belum nanti deh aku carikan makan. Huft kapan ya Jo kita bisa jadi orang kaya. Kalau kita kaya kan aku nggak usah repot cariin makan kamu. Tinggal bayar orang, beres deh. Em oh iya aku juga bakal bawa kamu ke salon buat ngeritingin bulu kamu yang halus ini biar sama kayak rambut aku. Hehehe
Bejo       : “Embekk”
Rea        : “Duh aku lapar nih Jo, aku makan dulu ya… dada Bejo sayang”
Rea masuk kedalam rumah tiba-tiba Reno datang mengendap-endap ke halaman rumah Rea dan hendak mencuri Bejo. Bejo mengembik-embik.
Reno     : “Sttt.. diam nanti majikanmu keluar”
Tiba-tiba Rini (adik Rea) keluar
Rini         : “Eh..eh mau maling ya?
Reno     : “Iya”
Rini        : “Enak aja itu tuh kambing kesayangan kakak aku tau. Kalau sampek ilang bisa berabe”
Reno     : “Alah banyak ngomong. Udah aku bawa dulu kambingnya”
Rini        : “Eh..eh.. KAKAK kambing kamu di curi Kak REA… BAPAK…

Rea dan Bapak keluar. Mereka bertiga berusaha menangkap Reno dan menyeret  Reno ke dalam rumah.
Reno     : “Ampun pak.. ampun.. jangan bawa aku ke polisi
Bapak    : “Enak aja, kamu kan maling jadi harus masuk penjara. Apa jadinya negeri ini kalau generasi mudanya jadi maling semua kayak kamu.
Reno     : “Ta..tapi gimana dengan sekolahku. Aku bisa nggak naik kelas atau bahkan di keluarkan kalau sampai  berurusan dengan polisi. Aku mau di hukum apa saja selain di bawa polisi.
Rini        : “Em aku ada ide. Gimana kalau orang ini kita suruh jadi pembantu. Iya lumayan dong bisa bantu pekerjaan rumah kita. Iya kan pak?
Rea        : “Rini.. dia kan maling kalau dia jadi pembantu, barang-barang di rumah kita bisa amblas. Pokoknya kita bawa aja dia kepolisi.
Reno     : “Oke..oke aku mau jadi pembantu kalian. Asalkan nggak di bawa ke polisi dan aku janji nggak bakalan nyolong barang kalian.
Bapak    : “Bagaimana kita bisa percaya sama kamu?”
Reno     : “Ini..ini.. kalian boleh bawa KTP saya. Jadi kalau saya melarikan diri, kalian tinggal lapor ke kantor polisi.
Bapak    : “Oke satu minggu kamu harus kerja disini. Deal?
Reno     : “Oke deal (dengan nada lemas).


Reno sedang membersihkan rumah Rea.
Rea        : “Ren, beliin gula di warung sebelah. Nih uangnya! (memberikan uang ke Reno)
Reno     : “Hah? Beli sendiri sana. Nggak tau ada orang sibuk apa?”
Rea        : “Beliin atau ku laporkan ke polisi”
Reno     : “Huft..sini uangnya”
Reno mangambil uang di tangan Rea kemudian saat hendak keluar, Reno berpapasan dengan Siska, teman dekat Rea.
Rea        : “Eh kamu Sis.. kapan datang?”
Siska      : “Barusan. Nggak ada orang di depan. Jadi yah aku masuk aja.
Rea        : “Kamu tuh ke rumah orang main selonong se enaknya.
Siska      : “Biarin, eh cowok yang tadi, siapa?”
Rea        : “Oh yang tadi, pembantu baruku
Siska      : “Yang bener, lumayan juga. Dapet dari mana?”
Rea        : “Lumayan dari Hongkong? Jadi kemarin itu dia mau maling Bejo. Untung aja ketangkep. Trus dari pada di bawa ke polisi trus di penjara, kiat suruh aja dia jadi pembantu. Ia semacam hukuman gitu lah”
Siska      : “Hahaha.. ada-ada aja. Lagian jaman sekarang. Masih ada aja maling yang tertarik sama kambing.
Rea        : “Hahaha.. aku juga heran. Eh BTW kamu ngapain kesini? Tumben banget. Pasti ada maunya kan?
Siska      : “Iya nih, aku mau pinjem catetan kimiamu. Punyaku, udah aku cari-cari nggak ketemu.”
Rea        : “Em.. oke deh aku ambilin dulu (keluar sebentar kemudian masuk membawa buku). Nih! (memberikan buku ke Siska)”
Siska      : “Ok Re, aku pinjem dulu ya. Besok aku kembaliin di kelas. Sekarang aku langsung pulang aja. Keburu sore. Aku kan mau mampir dulu ke rumah Vian. Udah lama aku nggak kesana.”
Rea        : “Oh.. Vian yang temen kamu dari kecil itu yah.. Siip deh. Ati-ati di jalan. Kalau ada truk ke tengah nah kalau ada cowok ganteng, baru minggir hehe.”
Siska      : “Ada-ada aja, ya udah dada.”
Siska pulang ke rumah. Rea mencari-cari Reno.
Rea        : “Ren..Reno, mana gulanya?” (sambil keluar ruangan)


Reno masuk ke ruangan. Kecapaian.
Reno     : “Huft akhirnya kelar juga. Rumah udah di bersihkan, baju-baju udah dicuci. Bejo juga udah kenyang. Istirahat dulu ah…(duduk sambil melihat-lihat ruangan). Eh ada gitar (mengambil gitar dan mulai bernyanyi).
Rea masuk kemudian melihat Reno bermain gitar. Rea terpaku.
Reno     : “Rea, kenapa Re? Kok bengong”
Rea        : “Eh, gulanya mana?”
Reno     : “Aku taruh di dapur, semua pekerjaan udah selesai  jadi aku istirahat sebentar. Ini gitar kamu? Aku pinjam ya?
Rea        : “Iya pakai aja, (sambil mendekati Reno) main lagi gih. Lumayan juga di kuping.”
Rano      : “Tapi kamu nyanyi yah”
Rea        : “Eh.. Suaraku kan jelek.”
Reno     : “Udah nyanyi aja (kemudian mulai bermain gitar).”
Reno dan Rea bernyanyi bersama.
Reno     : “Bagus juga suaramu”
Rea        : “Ya gitulah. Udah ya aku ke dapur dulu” (Rea keluar ruangan)
(Reno tersenyum kemudian juga keluar ruangan)


Vian dan Reno sedang berbincang-bincang.
Vian       : “Kamu dari mana aja sih seharian ini? Dari pagi nggak kelihatan. Tadi aku bangun tidur kamu juga udah nggak ada.”
Reno     : “Aku jadi babu di rumah orang kak, gara-gara penyakit klepto yang aku idap. Yah dari pada di giring ke kantor polisi, mending jadi pembantu.”
Vian       : “Hahaha.. kan udah aku bilang. Kamu harus rajin dateng terapi biar cepet ilang tuh penyakit. Emang kamu nyolong apa?”
Reno     : “Kambing. Abis kambingnya bersih banget. Nggak nahan hehe. Sama tuh kayak yang punya. Bersih, cantik, rambutnya keriting-keriting kayak …. (nama artis) gitu. Yah meskipun agak jutek. Tapi kelihatannya baik.”
Vian       : “Deuh, kayaknya bakalan ada cinta bersemi gara-gara kambing hahaha (Reno dan Vian tertawa).
Siska datang.
Siska      : “Assalamualikum.”
Reno & Vian       : “Waalaikumsalam.”
Vian       : “Eh Sis, masuk aja. Sini duduk.”
Siska      : “Kamu lagi ada tamu ya? “
Vian       : “Oh nie adik ponakan aku. Kebetulan lagi nginep disini. Kenalin ini Reno. Ren ini Siska.”
Siska      : “Loh? Kamu kan orang yang tadi jadi pembantu di rumah Rea.”
Reno     : “Kamu temen yang datang ke rumah Rea tadi? Senang berkenalan denganmu Ris.”
Siska      : “Ok senang berkenalan denganmu.”
Reno     : “Eh kalian ngobrol-ngobrol aja yah, aku mau masuk dulu. Udah kecapaian.”
Vian       : “Ia udah istirahat sana.”
Reno keluar.
Vian       : “Eh Sis, jadi Rea itu temen kamu ya? Pas banget tuh. Gimana kalau kita jodohin mereka aja. Reno kan lagi jomblo tuh.”
Siska      : “Ha? Boleh-boleh aja sih. Rea juga jomblo. Tapi mungkin nggak ya?”
Vian       : “Mungkin banget. Reno baru aja cerita kalau dia naksir sama pemilik kambing yang dicurinya. Siapa lagi kalau bukan Rea, temen kamu itu.”
Siska      : “What? Reno naksir Rea? Kalau gitu aku setuju. Lagian kasian juga Rea, dia itu kan udah lama menjomblo. Tapi gimana caranya? (tampak berpikir).”
Vian       : “Emm gimana ya?(tampak berpikir keras).”
Siska      : “Aku ada ide. Gimana kalau kita curi kambingnya Rea tapi kita bilang kalau yang nyuri si Reno. Nah nanti tuh kan mereka ketemu. Kita serahin aja semuanya ke mereka berdua. Kalau emang Reno suka sama Rea, dia bisa ungkapin saat itu.”
Vian       : “Wah idemu boleh juga. Kita buat aja tempat yang agak romantis biar mereka kebawa suasana.”
Siska      : “Sip… Eh kok udah mulai gelap sih? Aku pulang dulu yah… ntar keburu malam.”
Vian       : “Oke deh. Rencana selanjutnya kita obrolin aja lewat e-mail. Hati-hati di jalan ya..”
Siska      : “Oke dah..”
Siska pergi. Tak lama Vian juga masuk ke rumah.


Rea        : (berbicara sendiri) “Jadi tadi itu terakhir kali Reno kerja ya?? Nggak sadar udah seminggu berlalu. Waktu emang selalu berjalan lebih cepat kalu aku dalam keadaan yang menyenangkan. Huft (tiba-tiba menemukan surat di atas meja). Loh, surat siapa ini?(melihat nama di amplol dan membaca) untuk Rea. Untukku? (kemudian membuka dan membaca surat dengan keras).
“..jika ingin menemukan Bejo. Dia bersamaku di lapangan dekat kantor kepala desa. Reno”
Hah? Apa-apaan sih nie anak. Dasar. Jangan-jangan bukannya sama aku, dia malah terobsesi sama kambingku. Awas ya kalau udah ketemu.” (sambil meninggalkan ruangan)


Reno datang ke taman. Di taman sudah ada Bejo yang mengembik-embik.
Reno     : “Loh.. Kok kamu ada di sini Jo. Mana pemilik mu? Padahal minta bertemu disini. Eh malah kamu yang ada. Apa jangan-jangan dia bermaksud nyomblangin aku sama kamu? Padahal aku kan sukanya sama dia.”
Ketika Reno sedang asik berbincang dengan Bejo, tiba-tiba Rea datang.
Rea        : “Eh cowok klepto. Mana Bejo? Kembaliin ke aku”
Reno     : “ Apa-apaan sih kamu? Baru dateng udah marah-marah. Pakek ngantain aku klepto segala. Aku itu udah sembuh tau. Udah selesai menjalani semua terapi dan udah di nyatakan sehat sama dokter? Apa perlu aku bawakan surat dokternya ke kamu?”
Rea        : “Ye.. peduli amat. Kalau nggak klepto, kenapa si Bejo bisa disini sama kamu?”
Reno     : “Mana aku tau? Pas aku sampek sini, si Bejo udah ada disini duluan.”
Rea        : “Alah.. alesan. Jangan-jangan kamu terobsesi ya sama Bejo. Jangan-jangan selain penyakit klepto, kamu juga mengidap kelainan seks. Iya kan?”
Reno     : “Eh cewek bawel! Jaga ya omonganmu. Aku nggak nyuri si Bejo. Aku nggak tau kenapa Bejo ada di sini. Dan lagi aku nggak suka sama kambing mu yang bau ini. Aku tuh suka sama pemiliknya!!
Rea kaget dan diam sebentar.
Rea        : “Ka..kamu suka pe..pemiliknya?
(Reno baru sadar kalau dia kelepasan bicara. Dan langsung membungkan mulutnya)
Reno     : (sambil menundukan kepala) “Bukan begitu.. aku.. maksud aku.. aku nggak suka kamu.”
Rea        : “Maksudmu, kamu nggak suka aku dan benar suka Bejo?”
Reno     : “Bukan.. aku nggak suka kambing. Maksud aku..”
Rea        : “Oke.. oke. Mungkin maksud kamu. Kamu nggak suka kami berdua (sambil menahan senyum).”
Reno     : “Bukan begitu Re, oke oke. Aku.. aku suka kamu.” (sambil memandang Rea)
Rea        : “…..Kalau aku nggak suka gimana?”
Reno memandang Rea, kemudian menunduk. Rea tertawa.
Reno     : (Reno memandang Rea) “Rea.. aku serius.”
Rea        : “Ia.. ia aku juga suka Reno.”
Kemudian Rea dan Reno saling bertatapan dan tertawa. Ketika Reno hendak memeluk Rea. Siska dan Vian datang dan mengagetkan mereka.
Vian & Siska        : “Surprais…”
Reno dan Rea tidak jadi berpelukan.
Reno & Rea        : “Oh.. jadi ini kerjaan kalian berdua..”
Siska      : “Yo’i.. tapi bermanfaat banget kan bagi kalian.”
Kemudian mereka saling berpandangan dan tertawa bersama, di tengah tawa tiba-tiba Bejo mengembik.
Bejo       : “Embekkkk…”

THE END






0 komentar:

Posting Komentar

Labels

Popular Posts

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.