26 Des 2015

ILUSI (2015) REVIEW : Sebuah cerita tentang dunia mimpi anak yang berhadapan dengan pemahaman orang dewasa

Menonton Ilusi seakan ditampar oleh kenyataan yg sangat dekat tapi tak pernah kita sadari. Apa itu? Imajinasi masa kecil. Sangat menyenangkan rasanya ketika kita belum menyadari bahwa tertawa dengan khayalan yang hanya ada di kepala kita sendiri itu tidak memalukan. Merasa bisa menyelam di dalam laut tanpa harus memikirkan tabung oksigen atau terbang tanpa tau berapa harga tiket pesawat. Itulah yang sudah kita lupakan, atau mungkin lebih tepatnya yang sudah saya lupakan. Dikemas dengan jujur, film Ilusi hadir mengingatkan hal ini kepada kita, para manusia dewasa.

Lusi hidup ditengah keterbatasan tanpa sosok ayah dan ibu. Dia tumbuh bersama anak-anak lain yang kurang beruntung di sebuah panti asuhan. Namun rasa rindu terhadap kasih sayang orang tua tak membuatnya meratap dan bersedih. Lusi melewati hari-harinya dengan bahagia lewat mimpi-mimpi dan imajinasi yang dia rajut. Meski begitu, ada saja orang dewasa yang tak bisa memahaminya.

Film garapan Sito Fossy Biosa ini jauh dari kata mewah, saya masih menemukan pencahayaannya tidak sempurna, atau dialog yang kaku selayaknya film indi yang diproduksi dengan berbagai keterbatasan. Namun penggambaran imajinasi khas anak-anak sangat pas dan lagi-lagi.. jujur, membuat film ini terasa dekat ketika ditonton. Mengingatkan kita akan suatu masa ketika berada di usia Lusi.

            Melihat film ini saya menyadari suatu lingkaran setan bahwa seringkali dengan menggunakan kekuasaan orang dewasa,  anak kecil yang penuh imajinasi kemudian di tuntun bangun dari dunianya untuk menjadi "dewasa" yang kemudian membangunkan anak kecil lain dan seterusnya dan seterusnya. Padahal dengan berbekal mimpi, kita bisa hidup bahagia di tengah segala kekurangan seperti sosok Lusi, dengan bermimpi kita bisa memiliki suatu hal untuk diwujudkan sehingga tidak sekedar tumbuh dewasa dan menjadi mesin pemenuh kebutuhan yang tidak ada habisnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

Popular Posts

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.