23 Apr 2016

Bermimpi itu tidak mudah

Saya sudah 22 tahun dan masih sulit percaya apa saya sanggup bermimpi. Cukup memiliki target remeh semacam tugas kuliah saja kadang sering kali tak tercapai. Apalagi mimpi yg besar.
Bagi saya tidaklah sama cita-cita dengan mimpi. Karena seringnya harus menjawab apa cita" saya, seringkali juga hal itu berubah dan berubah. Memiliki cita" hanya seperti sesuatu jawaban keren agar orang lain terkesan. Contohnya saja cita" saya adalah menjadi sekjen PBB, bahkan tanpa tahu apa tugasnya atau dimana kantornya. Yg saya tahu bahwa sekjen PBB adalah orang terkeren sedunia melebihi presiden dan saya juga akan keren jika memiliki cita" demikian. Tanpa pernah mengusahakannya, sedikitpun. Itulah cita".
Lain dengan mimpi. Dia berada lebih dekat dan lebih mungkin di jangkau oleh pribadi saya. Hanya tersekat kesadaran. Saya hanya perlu mengusungnya ke dunia nyata. Perbedaan lain adalah jika cita" bisa dibangga-banggakan dan diumbar. Mimpi adalah hal yg diam" saya simpan dengan rapat, dipupuk dan rawat. Dengan harapan orang" nanti akan melihat dengan sendirinya ketika sudah tumbuh besar.
Jujur saja selama 6 tahun SD, 3 tahun SMP dan 3 tahun SMA saya terlalu sibuk dengan seabrek mata pelajaran, pergaulan dan apalah itu hingga tak ada waktu untuk bermimpi. Bagaimana bisa jika setiap guru menuntut kita memahami apa yg diajarkannya tahun demi tahun. Bahkan bertanya untuk apa saya tahu ini itupun tak sempat.
Kuliah memberi kesempatan berpikir dan belajar idealis. Mata kuliah yg sama dengan SMK membuat saya memiliki banyak waktu luang merenung. Waktu yg tercurah membuat saya memiliki kesempatan mencari pengalaman menghidupi diri sendiri. Saya belajar dan merenung. Mencari cari mimpi. Pengalaman bekerja membuat orang sadar bahwa dia cocok di bidang ini dan tidak cocok di bidang itu. Dengan menyadari hal yg sesuai untuk saya, yg sebenarnya selama ini sangat dekat dan jelas membuat keberanian bermimpi muncul. Semoga lekas muncul tunasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

Popular Posts

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.